OM SWASTYASTU

PRATI SENTANA SANAK SAPTA RSI PASEK GELGEL
YEH SONG-GESING

A NAMO BHADRAH KRATAVO YANTU VISVATO ADABDHASO APARISATA UDBHIDAH, DEVA NO YATHA SADAMID VRDHE ASAN APRAYUVO RAKSITARO DIVE, DIVE



Rabu, 12 Januari 2011

Selayang Pandang Desa Gesing, Banjar, Buleleng, Bali


Desa Gesing, demikian sebutan untuk sebuah desa yang terletak deretan perbukitan sebelah selatan Kabupaten Buleleng ini. Desa yang berada diketinggian 600 - 1200 meter di atas permukaan laut, memiliki suhu rata-rata 26°C dengan curah hujan 2.213 MM.

Desa Gesing merupakan salah satu dari 129 desa di Kabpaten Buleleng yang memiliki wilayah seluas 1231, 160 Ha, yang secara administrasi dari 3 (tiga) Banjar Dinas.

Dengan jarak tempuh yang singkat dari pusat perkotaan, yakni 25 km dari kota kecamatan, 42 km dari kota kabupaten dan hanya 81 km dari pusat ibu kota provinsi, membuat desa ini berkembang dengan pesat, tidak hanya dibidang pertanian semata, melainkan dibidang budaya dan pariwisata. Mengapa tidak, Gesing yang terkenal dengan Pohon Terbesar di Bali dan Bahkan di Dunia / Giant Tree yang diperkirakan berusian 700 - 1000 tahun dengan ketinggian yang mencapai 85 meter ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya.

Tidak hanya itu, para wisatan yang datang dengan jumlah yang semakin meningkat hari demi hari disuguhkan pula dengan berbagai pesona alam (hamparan persawahan/Rice Terraces, perkebunan cengkeh dan kopi), ke arifan tradisi lokal (Nyakan/Masak di Pinggir Jalan Saat Pergantian Tahun Caka Nyepi), dan permainan tradisonal (Megansing) yang ada.

Tunggu apa lagi, LET'S VISIT GESING VILLAGE


Berbagai keunikan tersebut dapat disearch di http://gedeyohanfernando.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar